Laman

Sabtu, 26 Desember 2015

Tips sukses upgrade ke IOS 9

Kemaren pas baca di Web ada beberapa pengguna apple terutama iphone yang gagal dalam proses upgrade IOS terbaru 9.2. Akibatnya iphone menjadi blank dan stuck di logo apple. Dan bahkan di salah satu OL shop iphone terkenal di IG sampai mewanti2 jika pembeli iphone di OL shop itu gagal dalam upgrade maka garansi dari toko OL itu hangus.

Sebenarnya sudah lama sih saya ingin upgrade IOS 9.2 untuk iphone dan ipad, tapii.. gara2 banyak yang gagal upgrade itu jadi takut deh upgrade, takut ntar kalo gagal gadgetnya hanya bisa jadi ganjelan pintu hihihihi.
Tapi setelah stalking keunggulan IOS 9 dari pada IOS sebelumnya jadi ngiler banget pengen menggunakan IOS 9.
Akhirnya dengan menyiapkan hati dan perasaan jika nanti gagal upgrade *eaaaa. Akhirnya saya memberanikan diri untuk mengupgrade 2 gadget apple saya. Setelah banyak baca2 tutorial upgrade IOS 9, saya memilih mengupgradenya via nirkabel alias langsung memakai WIFI. Alhamdulillah berhasil untuk ipad dan iphonenya.


Bagi yang ingin upgrade dengan sukses ini tipsnya :

1. Via jaringan Nirkabel
Jika anda memilih upgrade jaringan nirkabel bisa langsung memakai paket internet di iphone atau memakai WIFI/MIFI. Dengan satu syarat yaitu : sinyalnya harus kuat dengan basic jaringan 3G atau lebih bagus lagi 4Glite. Saya sarankan memakai WIFI/ MIFI dengan jaringan 4G lite karena kecepatan unduhan jauh lebih baik daru 3G. Saya memilih menggunakan Jaringan MIFI smart**en 4G lite yang qodarullah sinyalnya kuat di daerah saya. Perlu di ingat jika sinyal 3G di daerah anda sangat minim, jangan pernah berfikir untuk mengupgrade karena percuma akan gagal ya. Jangan lupa untuk sinkron dan cadangkan data  di itunes dan icloud yang ada di PC, jaga2 jika upgrade gagal bisa dipulihkan lewat itunes di PC.
Cara upgrade dengan masuk ke pengaturan > umum > pembaharuan perangkat lunak lalu Ketuk Unduh dan Instal. Jika pesan meminta agar aplikasi dihapus karena iOS memerlukan kapasitas yang lebih besar untuk pembaruan, ketuk Lanjut atau Batal. Kemudian, iOS akan menginstal ulang aplikasi yang dihapus. 
Ada dua tahap upgrade IOS : pertama jika anda mengklik pembaharuan IOS maka otomatis ponsel akan mengunduh data yang membutuhkan 10- 30menit tergantung kecepatan internetnya. Kedua setelah berhasil mengunduh maka oromatis akan mengistal dan proses instal ini juga membutuhkan beberapa menit sekitar 10- 30menit juga. 
Setelah proses instal selesai maka akan muncul layar bertuliskan HELLO seperti saat pertamakali membuka layar iphone /ipad/ipod baru. Kemudian memasukkan akun icloud dan lain2.

2. Memperbarui perangkat menggunakan itunes
Merupakan pilihan kedua jika anda tidak dapat memperbarui secara nirkabel, metode kedua ini sebenarnya lebih aman dari metode pertama. Tapi prosesnya pengunduhannya bisa lebih lama. 
Jika komputer Anda menggunakan Hotspot Pribadi di perangkat iOS yang Anda perbarui, hubungkan komputer Anda ke jaringan yang berbeda.
    1.  Instal itunes versi terbaru di komputer.
    2. Sambungkan perangkat ke komputer.
    3. Buka iTunes dan pilih perangkat
    4. Klik Ringkasan, kemudian Periksa Pembaruan. 
    5. Klik unduh dan perbaharui. 
    6. Catatan penting : jika pake laptop jangan sampe kehabisan baterai ya, atau kabel datanya jangan sampai kesenggol atau tercabut saat proses upgrade berlangsung, bisa stuck di logo itunes lho. Ini pengalaman pribadi saya saat upgrade ipad 3 tapi alhamdulillah bisa dipulihkan pake restore di itunes ntar insyaallah akan saya tulis caranya memulihkan ios yang stuck di logo itunes.



      Keunggulan iOS 9 dibandingkan pendahulunya :
      1. Baterai lebih lebih hemat. Ini alasan utama saya upgrade iOS 9 adalah adanya setting baterai mode daya rendah. Sehingga iOS menjadi iOS yang paling hemat baterai dari yang pernah ada.
       iOS 9 akan membuat baterai iPhone, iPad dan iPod generasi lama bertahan lebih lama. iPhone akan dapat bertahan 1 jam lebih lama.
      iOS 9 memberi kita cara yang lebih tepat untuk mengelola kekuatan baterai perangkat karena dapat melihat proporsi baterai yang digunakan oleh setiap aplikasi (kecuali jika perangkat sedang diisi daya). Untuk melihat informasi penggunaan, buka Pengaturan > Baterai.

      2. Adanya memory ekstra.
      Jika sebelumnya iOS memerlukan memori sebesar 4GB, iOS 9 hanya memerlukan memori sebesar 1,3GB. Dengan begitu, iPhone yang tidak memiliki memori besar akan mendapatkan memori ekstra. Asik kan?!

      3. Notes yang lebih baik.
       Notes pada iOS 9 telah mendukung tulisan tangan, gambar, gambar yang diselipkan, dan dapat melampirkan file yang dapat dilihat. Selain itu, Notes juga akan dapat disinkronkan pada perangkat berbasis iOS dan OS X melalui iCloud.

      4. Keyboard lebih baik.
      Para pengguna iPad akan mendapatkan kemudahan mengetik dengan fitur QuickType pada iOS 9.  Ada saran pengetikan dan opsi autocomplete pada bagian atas keyboard. Selain itu, keyboard pada iOS 9 juga memiliki tombol untuk pintasan seperti potong, salin atau melampirkan berkas.

      Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat^^.











    Artikel Terkait:

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar