Laman

Jumat, 29 Agustus 2014

INI BERITA HOAX YANG PALING SERING DI BROADCAST DI DUNIA MAYA

Kadang bahkan sering kita menerima suatu berita di BBM, facebook, twitter, blog dll kemudian ditelan mentah2 tanpa cek dan ricek dahulu lalu di forward dan di share kemana2.. Padahal belum tentu berita itu benar looh...
Berikut ini saya akan memberikan batahan beberapa berita hoax(palsu) yang uda dari zaman pertama saya mengenal internet bertahun2 bahkan sampe sekarang masih aja ada yg share beritanya :
1. Lintah hidup yg ada di dalam sayur kangkung.
Konon ada anak di jakarta meninggal kena sakit perut sesudah makan sayur cah kangkung yang ada lintahnya dan saat diotopsi di ususnya ditemukan lintah hidup.
Bantahan :
Sejak pertama berita ini ada lokasi tempatnya berubah2 ada yg blg di malaysia, di bandung, di kalimantan (*iki sing bener piye tho). Lagian lintah itu klo kita kasih garam aja uda mati lalu mencair.. Apalagi kalo dimasak pake api yang panasnya diatas 100 derajat?? Dan seandainya si lintah ini lolos dari wajan penggorengan dan masih hidup pun klo masuk ke lambung uda klepek2 kena asam lambung kita yang terkenal ganas itu^^.
2. Bahaya makan udang bersamaan dengan jus jeruk atau vitamin C.
Ada wanita di menado yg meninggal setelah makan udang dan vitamin C karena gabungan keduanya menjadi racun arsenik dan saat meninggal keluar darah dr 5 panca indranya.
Bantahan :
Helllow... Gmana klo kita makan udang bumbu asam manis (asam itu mengandung vit C lho), atau capcay yg ada udang dan irisan tomat yg kaya vit C, keracunan g yaaa??? (*ngakak)
Ingat kasus munir yg meninggal keracunan arsenik? Meninggal krn keracunan arsenik tdk mengeluarkan darah dr kelima panca indranya lagii.. Setahuku keluar darah dr 5panca indra atau istilah medisnya general haemoragic itu krna infeksi berat dan faal hemostasisnya memanjang atau trombositopenia beraaaat.. seperti pada penderita virus ebola. ( coba deh searching gejala keracunan arsenik dan ebola). Owh ya sekarang malah banyak BC yang menceritakan tentang wanita yang meninggal dunia karena keracunan arsenik setelah makan mie instan dan coklat.. Redaksinya aja yang dirubah selebihnya sama isinya dengan cerita udang dan vitamin C.. Kelihatan banget hoax nya deh.....
3. Foto bayi 'cyclop' bayi bermata satu alias bayi dajjal.
Alkisah di beritakan bayi ini lahir di israel tahun ini dan ini adalah bayi dajjal.
Bantahan:
Foto bayi itu uda ada sekitar 2thn yg lalu lho.. Waktu saya lihat fotonya langsung mesem krna bagi tenaga kesehatan yg krja di ruang bayi atau ruang bersalin pasti pernah melihat bayi kelainan kogenital ( kelainan atau cacat yang dibawa sejak dalam kandungan) seperti ini.. Alangkah malang nya bayi cacat yang seharusnya di kasihani dan di bantu seperti ini di anggap dajjal.. Saya malah pernah merawat bayi baru lahir yang mirip seperti ini dan qodarullah tdk bertahan lama krna tdk punya hidung dan mulut (bernafas dan minumnya lewat mana coba??)
Dalam hadist juga disebutkan jk dajjal itu buta sebelah matanya jadi bukan bermata satu ditengah seperti bayi cyclop ini dan juga dalam hadist sahih juga sudah di jelaskan bahwa dajjal sudah ada sejak zaman Rasulullah. 

4. Virus HIV yang sengaja dimasukkan di pembalut wanita oleh zionis. Dan virus hiv dari bekas tusuk gigi penderita hiv di rumah makan dan restoran.
Bantahan:
Hadeeeh... Virus HIV itu bisa ditularkan hanya dengan hubungan sexual, pengguna narkoba suntik yang memakai jarum suntiknya bergantian, tranfusi darah yang mengandung virus hiv, menindik dan mentato menggunakan alat yang tidak steril, penularan dari ibu hamil yang positif hiv ke bayinya. BUKAN lewat pembalut wanita dan tusuk gigi, virus hiv ini membutuhkan host (inang) dan virus ini tidak bs hidup lama diluar tubuh atau inang. Jadi gak mungkin dia masih hidup di pembalut wanita atau tusuk gigi yang tidak tau kapan akan dipakai konsumennya.

5. Cacing yang keluar dari perut kecoa yang terinjak yang dapat masuk kepori2 manusia.
Belakangan beredar kabar di Facebook yang menyarankan untuk tidak membunuh kecoa dengan cara dipukul sampai keluar isi perutnya. Alasannya karena di dalam perut kecoa terdapat cacing yang bisa masuk ke dalam tubuh lewat pori-pori atau luka. Benarkah demikian?
Bantahan :
Informasi yang diberikan langsung dari pakarnya :
"Saya belum pernah menemui ada literatur yang menyebutkan bahwa cacing bisa menginfeksi kecoa lalu menular ke manusia. Kabar tersebut perlu dilacak sumbernya. Kalau dari Kementerian Kesehatan baru bisa dipercaya," kata dr Chabib Afwan, Deputi Zoonosis Kementerian Koordinasi Kesejahteraan Rakyat RI ketika dihubungi detikHealth, Kamis (25/4/2013). Menurut dr Chabib, beberapa jurnal-jurnal penelitian internasional belum pernah menyebutkan bahwa cacing bisa menginfeksi kecoa lantas dapat menginfeksi manusia. Beberapa serangga memang dikenal dapat menyebarkan parasit cacing, misalnya cacing filaria penyebab kaki gajah yang disebarkan oleh nyamuk.
Jadi penting pake banget utk tabayun ( cek dan ricek) dalam menerima sebuah berita...
Wallahu'alam bishawab..






Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar