Laman

Sabtu, 26 Desember 2015

Cara mengetahui umur baterei iphone/ ipad/ ipod

Bismillah... 
Jika posting sebelumnya membahas tentang cara merawat baterai product apple maka kali ini akan saya akan share cara mengetahui umur baterainya yang sudah saya coba sendiri.
Buat pengguna iphone/ipad/ipod  dapat mengecek umur baterai gadgetnya dan hal ini merupakan salah satu kelebihan dari product apple yang tidak dimiliki oleh  product gadget lain lho.
Jadi iphone/ipad/ipod akan mencatat berapa kali baterai nya diisi ulang, serta terus memantau kapasitas dari baterai.  yaitu dengan memiliki iBackupBot, sebuah alat all-in-one untuk mengatur iDevice yang tersedia, cara dengan mengunduh dan mengistal aplikasi ini di PC. Setelah mengunduh dan di istal di PC, sambungkan iPhone/ipad/ipod ke komputer yang menjalankan iBackupBot, aplikasi ini akan mendeteksi dan memberikan akses bagi kita pengguna ios untuk mengetahui detil dari informasi "rahasia" yang khusus untuk support staff Apple saja.
Berikut adalah langkah2 mengecek umur baterai iphone/ipad/ipod :
1. Download dan Install iBackupBot di PC atau di Laptop (unduh disini)
2. Sambungkan iPod / iPhone / iPad ke PC atau laptop dengan kabel data
3. Tunggu beberapa saat iBackupBot akan membaca gadgetnya

4. Di layar kiri bawah ada kotak kecil bertuliskan DEVICES

5. Di dalam kotak DEVICES ada nama dari gadget anda

6. Klik nama gadget anda dan di kotak besar tengah akan muncul informasi detail tentang gadget agan seperti Serial number, IMEI, iOS version, etc.

7. Di bawah gambar gadget (masih di kotak besar) ada tulisan More Information




8. Klik more information maka akan muncul data baterai gadget kita. 
Data yang akan muncul seperti foto dibawah ini :

Foto diatas adalah data  baterai iphone dan ipad milik saya, data paling atas adalah cycle count. Cycle count adalah umur battery yang dihitung berdasarkan pemakaian battery. Setiap kelipatan 100% maka otomatis akan menambah cycle count battery anda sebesar 1. Menurut data diatas berarti iphone saya sudah 676x di charge dari 0% -100%.
Designcapacity adalah kapasitas ideal dari baterai yang idealnya pada saat baterai baru. Setiap battery ada kapasitas ideal  misalnya iphone penulis kapasitas idealnya1500 mAH, jika cycle count nya sudah besar, otomatis kapasitas maksimalnya sudah tidak ideal (cenderung berkurang) seperti data di atas kapasitas maksimal saat charge ( full charge capacity ) adalah 1400 mAH. Maklum saja karena cycle countnya sudah 676x. Walau kita melihat prosentase baterai di layar 100%, tapi pengisiannya hanya sampai 1400 mAH saja. 
Itu sebabnya kenapa  gadget jika sudah berumur lebih dari 1 tahun terasa baterai cepat habis dan langsung claim baterai bocor. Padahal bukan bocor tapi kapasitas maksimalnya sudah jauh dari ideal karena cycle count yang besar. Sebagai catatan, baterai Lithium akan kehilangan sekitar 20% dari kapasitasnya setelah 500 kali pengisian ulang.
Kapan harus ganti baterai baru? Baterai wajib diganti jika prosentase kapasitas ideal dibanding kapasitas full charge beda jauh. Misal  : kapasitas ideal 1400 mAH, dan kapasitas full charge 1000 mAH.  1000/1400 x 100% = 71 %. Berarti kapasitas maksimal charge baterai gadget hanya 71% dibandingkan saat beli baru, walau dilayar tertulis 100%. 
So, Jika anda merasa tidak  cukup dengan kapasitas segitu dan terasa baterai cepat habis dan mengganggu aktifitas penggunaan gadget dan keperluan anda, sebaiknya anda perlu menggantinya dengan baterai baru.
Semoga bermanfaat^^




Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar