Laman

Minggu, 22 Februari 2015

Pertolongan pertama saat anak tertelan benda asing, sabun dan cairan berbahaya

Bismillah..
Menjaga anak terutama bayi dan balita memang harus waspada, kadang disaat kita lengah, tiba tiba si baby sudah memegang benda kecil atau cairan yang langsung dimasukkan mulutnya. Sebagai orang tua pasti akan panik, apalagi saat mengetahui bahwa benda atau cairan yang termakan si anak adalah berbahaya.

Saya akan memberikan tips pertolongan pertama yang diberikan saat anda mendapatkan keadaan seperti ini.
Pertama yang Harus di cek adalah:
Benda apa yang sudah tertelan? Sejak kapan sudah tertelan? Seberapa banyak yang telah tertelan? Apakah dengan tiba-tiba wajah anak menjadi pucat dan marah-marah?.
Memastikan Ke Dalam Mulut
Karena cara memberikan pertolongan pertama didalam hal ini berbeda-beda menurut benda asing yang tertelan, periksalah selalu sampai ke dalam mulut. Jepitlah kedua belah pipi anak dengan jari dan bukalah mulutnya. Periksalah dengan tenang “Apakah benda asing itu, dan ada di mana?”.
Apabila Telah Tertelan
Dalam hal benda asing yang tertelan itu masih tersisa didalam mulut, keluarkanlah perlahan-lahan dengan memasukan jari anda. Karena ada kemungkinan benda yang tersisa terdorong sampai ke mulut bagian dalam, maka sangatlah berbahaya apabila anda berusaha dengan paksa mengorek-ngorek benda asing yang ada di mulut bagian dalam.

Apabila baik untuk dimuntahkan, bukalah mulut anak lebar-lebar, tekanlah lidah yang terdapat dibagian paling dalam, dan setelah itu berusahalah membantu anak untuk memuntahkan benda tersebut. Ketika hal itu menimbulkan gejala shock dan kejang-kejang, maka segeralah bawa anak ke rumah sakit tanpa menyuruhnya memuntahkan benda yang tertelan itu.

Apabila Menyumbat Tenggorokan
Bukalah mulut anak dengan menggunakan jari tengah anda dan telungkupkanlah, di antara tulang belikat dan tulang belikat dengan menggunakan telapak tangan tepuk-tepuklah dengan keras sebanyak 5 kali, usahakanlah agar tepukan mendorong ke arah atas. Dalam hal berat badan anak terasa berat, dan apabila ketika ditelungkupkan pada lengan anda merasa sakit, tidak ada salahnya apabila ditelungkupkan di atas paha.

Dan berikut ini macam2 pertolongan pertama jika tertelan benda2 asing atau cairan berbahaya :

1. Koin
Koin yang tertelan dapat dipastikan dengan melihat kotoran yang keluar ketika sedang buang air besar. Biarkanlah keluar dengan alamiah. Apabila terserang batuk dengan tiba-tiba, dan lain-lain, dan koin menyangkut di tenggorokan, segeralah berusaha membantu anak anda untuk memuntahkannya.

2. Rokok (2 Centimeter Lebih)
Berusahalah membantu anak anda untuk memuntahkannya dan bawalah ke rumah sakit. Apabila rokok yang tertelan hanya sedikit, perhatikanlah keadaannnya dengan serius dalam jangka waktu yang panjang, segeralah bawa ke rumah sakit apabila terlihat gejala berwajah pucat, tidak bergairah, muntah-muntah, dan lain-lain.

3. Batu Baterai
Dengan tidak ada gejala sakit sebagian besar dalam 2 atau 3 hari dapat keluar ketika buang air besar akan tetapi menurut di tempat mana baterai telah terhenti karena memerlukan pertolongan dokter, maka segeralah periksakan anak anda.
Apabila terjilat cairan dari dalam batu baterai yang bocor, berilah anak anda minum air putih atau air susu murni, dan bersihkanlah mulutnya.

4. Batu Baterai Berbentuk Kancing
Apabila berhenti di saluran pencernaan, dalam beberapa jam ada kemungkinan akan menimbulkan gejala yang menyerupai luka bakar. Apabila anda merasa ragu apakah benar-benar telah tertelan, segeralah bawa anak ke rumah sakit dan apabila ada bawalah juga batu baterai berbentuk kancing dari jenis yang sama dgn yg telah tertelan tadi.

5. Paku Payung, Jarum
Apabila tertelan benda-benda yang runcing, segeralah bawa anak anda ke rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan. Janganlah menyuruh anak untuk memuntahkannya karena hal ini akan menyebabkan terlukanya kerongkongan

6. Mainan, Anting, Cincin
Tidak perlu khawatir akan keracunan, akan tetapi apabila telah tertelan benda yang berujung runcing, janganlah menyuruh anak untuk memuntahkannya, dan bawalah segera ke rumah sakit. Sampai anak dapat memahami benda-benda yang mana yang berbahaya dan benda-benda mana yang tidak berbahaya, yang terbaik adalah tidak mengenakan perhiasan anting, dan lain-lain pada buah hati anda.

7. AIR RAKSA (yang Terdapat di dalam Termometer)
Air raksa logam yang hanya terhisap dalam jumlah yang sangat sedikit, karena hampir tidak ditemukan kandungan racun, maka berilah anak minum air susu murni agar supaya anak terdorong untuk melakukan buang air besar. Apabila air raksa terhisap, maka pindahlah ke tempat yang udaranya bersih, keluarkanlah ingusnya, dan berkumur-kumurlah.

8. Parfum (Minyak Wangi)
Bahan-bahan yang dipergunakan didalam pembuatan semua parfum dikhawatirkan apabila tertelan akan menimbulkan keracunan. Apabila yang tertelan jumlahnya hanya sedikit, maka perhatikanlah keadaan anak anda dan apabila timbul gejala sakit, segeralah bawa ke rumah sakit. Dalam hal yang tertelan lebih dari satu teguk, bantulah anak anda untuk memuntahkannya dan bawalah ke rumah sakit.

9. Kopi, Kopi Bubuk
Karena dikhawatirkan akan keracunan kafein, apabila telah tertelan dalam jumlah yang banyak, berusahalah membantu anak anda untuk memuntahkannya, setelah itu bawalah segera ke rumah sakit. Sesaat setelah tertelan yang perlu diperhatikan adalah adanya gejala muntah-muntah dan keadaan emosi anak. Marilah kita melakukan pertolongan yang sama apabila anak telah dengan tidak sengaja menelan teh dalam jumlah yang banyak.

10. Sabun Cair Pencuci Piring
Sabun cair itu sendiri terbuat dari bahan-bahan yang mengandung racun rendah. Apabila tertelan hanya oleh setaraf bayi, gejala berat akan sulit terjadi. Berilah minum air susu murni dan putih telur lalu perhatikanlah keadaannya. Dalam hal yang terminum jumlahnya banyak , setelah membantu anak memuntahkannya bawalah segera ke rumah sakit.

11. Deterjen (Sabun Bubuk Pencuci Baju)
Apabila telah tertelan hanya oleh setaraf bayi, tidak akan menimbulkan gejala yang berat. Berilah anak minum air susu murni atau putih telur lalu perhatikanlah keadaannya. Dalam hal yang terminum jumlahnya banyak, setelah membantu anak memuntahkannya bawalah segera ke rumah sakit.

12. Bahan Cair Pembersih Toilet
Apabila telah tertelan, maka berilah anak minum air susu murni atau putih telur. Bawalah anak anda segera ke rumah sakit dan bawalah pula botol dari cairan yang terminum tersebut. Janganlah memberi anak minum soda, juice, yoghurt atau cuka.

13. Bahan Cair Pemutih Pakaian
Apabila telah tertelan, maka berilah anak minum air susu murni atau putih telur dan setelah itu bawalah segera ke rumah sakit. Janganlah menyuruh anak untuk memuntahkannya. Karena akan memperburuk keadaan, janganlah memberi anak minum juice dan cuka. Karena gejala akan dapat muncul didalam beberapa saat setelah terminum, maka periksakanlah segera anak anda.

14. Aseton (Pembersih Cat Kuku)
Aseton adalah kosmetik yang sangat berbahaya yang mengandung racun tinggi. Sulit menyerap dari kulit, akan tetapi apabila tertelan dapat menyerap ke dalam tubuh dengan cepat. Tanpa menyuruh anak untuk memuntahkannya, bawalah segera ke rumah sakit.

15. Obat-Obatan
Pada dasarnya, setelah anak diberi minum air putih suruhlah untuk memuntahkannya. Hanya saja karena didalamnya terdapat juga yang mengandung bahan obat-obatan luar biasa, maka periksalah dengan pasti nama obat yang tertelan dan segeralah hubungi rumah sakit.

16. Krayon
Apabila yang termakan hanya 1 batang saja, khususnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Perhatikan saja keadaannya, apabila telah muncul gejala sakit, periksakanlah ke rumah sakit. Ketika ada kemungkinan masuk ke saluran pernafasan, karena akan menyebabkan kesulitan bernafas, dan lain-lain, bagaimanapun juga bawalah anak segera ke rumah sakit.

17. Shampoo, Conditioner
Apabila telah menelan shampoo, berilah minum air susu murni, dalam hal yang tertelan jumlahnya banyak, maka berusahalah membantu anak untuk memuntahkannya. Begitu juga apabila yang tertelan adalah conditioner, berilah anak minum air susu murni dan bantulah untuk memuntahkannya. Dalam hal yang tertelan lebih dari satu teguk, bawalah segera anak anda ke rumah sakit tanpa menyuruhnya memuntahkan benda yang tertelan tadi.

18. Popok Kertas (Diaper), Tissue, Kertas
Karena tidak ada kekhawatiran akan menimbulkan keracunan, maka berilah anak minum air putih dan perhatikalah keadaannya. Pastikanlah selalu apakah tenggorokannya tidak tersumbat. Di dalam 1 atau 2 hari karena secara alamiah akan keluar ketika buang air besar, maka periksalah kotoran yang telah dikeluarkannya itu.

19. Cairan Penyegar, Susu Pembersih Wajah (Kosmetik)
Apabila yang tertelan adalah cairan penyegar, bantulah agar anak berusaha memuntahkannya. Apabila yang tertelan lebih dari dua teguk, segeralah bawa ke rumah sakit. Karena memiliki kandungnan racun yang rendah apabila susu pembersih wajah telah terminum, maka berilah anak minum air putih lalu perhatikanlah keadaannya. Apabila telah timbul gejala sakit, bawalah anak ke rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan.

20. Pasta Gigi (Odol)
Apabila yang telah tertelan pasta gigi yang tidak mengandung fluor, maka perhatikan sajalah keadaan anak anda.. Apabila telah tertelan pasta gigi yang mengandung fluor dalam jumlah yang banyak, berilah minum air susu murni, setelah anak memuntahkannya bawalah ke rumah sakit.

21. Minuman Beralkohol
Apabila sesaat sebelum termimunnya minuman beralkhohol anak anda minum air susu murni, maka penyerapan alkhohol ke dalam tubuh akan berjalan dengan lambat, akan tetapi berhati-hatilah meskipun tidak terlihat gejala apa-apa. Apabila telah tertelan, berilah minum air putih atau air susu murni kemudian perhatikanlah keadaannya, apabila timbul gejala kurang baik, berusahalah membantu anak untuk memuntahkannya, dan setelah itu bawalah ke rumah sakit.

22. Obat Pembunuh Serangga
Pembunuh serangga mengandung bahan-bahan obat yang sangat berbahaya. Walaupun hanya tercicipi sedikit, tanpa menyuruh anak untuk memuntahkannya, segeralah bawa ke rumah sakit dan bawalah kaleng obat tersebut. Begitu juga ketika bahan cair dan airrosol masuk ke tenggorokan, lakukanlah pertolongan yang sama dan bawalah ke rumah sakit

23. Kapur Barus
Apabila kapur barus termakan oleh anak anda, maka berilah minum air putih. Janganlah sekali-kali memberinya minum air susu murni. Tanpa menyuruh anak anda memuntahkannya, segeralah bawa ke rumah sakit.

24. Obat Nyamuk Berbentuk Batang, Obat Nyamuk Berbentuk Mat, Kemenyan
Apabila telah tertelan hanya oleh setaraf bayi, diantara ketiga benda tersebut semuanya hampir tidak akan menimbulkan keracunan. Bersihkanlah mulutnya dan perhatikanlah keadaannya. Dalam hal yang terminum adalah obat nyamuk cair, tanpa memberinya minum dan tanpa menyuruh anak untuk memuntahkannya, segeralah bawa ke rumah sakit.

25. Pengawet Makanan (Silica Gel)
Karena apabila tertelan tidak menyerap ke dalam tubuh, maka hampir tidak menimbulkan gejala keracunan. Berikanlah minum air putih lalu perhatikanlah keadaannya. Apabila selaput lendir bagian dalam mulut memerah, periksakanlah segera ke dokter.

26. Pengawet Dingin
Tidak menjadi masalah apabila yang termakan jumlahnya sangat sedikit. Berilah anak minum air putih atau air susu murni lalu perhatikanlah keadaannya. Dalam hal telah termakan dalam jumlah yang banyak, setelah menyuruh anak memuntahkannya segeralah bawa ke rumah sakit.

27. Asam Boraks
Apabila asam boraks telah tertelan, maka akan menyerap ke dalam tubuh dengan cepat melalui saluran pencernaan dan selaput lendir, akan tetapi bisa juga memakan waktu berjam-jam untuk bisa melihat gejala yang ditimbulkannya. Kalau sudah termakan, berilah anak minum air putih atau air susu murni, dan setelah menyuruh anak memuntahkannya bawalah segera ke rumah sakit emergency.

28. Tanaman Hias
Di antara tanaman hias ada juga yang mengandung racun, berhati-hatilah. Apabila termakan oleh anak, maka segeralah cuci mulutnya dengan bersih lalu perhatikanlah keadaannya, apabila muncul suatu gejala sakit, segeralah bawa anak ke rumah sakit dan bawa juga tanaman hias yang termakan itu.

29. Pasir dan tanah
Ketika bermain di luar rumah atau pantai, anak-anak mudah tertelan pasir atau kerikil. Ini tentu saja bisa membahayakan kesehatannya, karena pasir atau kerikil mengandung banyak bakteri (kuman). Bila anak menderita demam, muntah atau diare setelah menelan pasir, tanah atau kerikil segera membawanya ke dokter.

30. 
Serangga
Lalat, kumbang, semut, serangga, cacing sebenarnya tidak terlalu berbahaya bila tertelan anak, tapi bila yang ditelannya laba-laba, maka Anda harus segera membawanya ke dokter, karena serangga tersebut mungkin beracun.  Atau bisa saja anak Anda terkena sengatannya.

31. Permen karet
Balita tidak boleh mengunyah permen karet untuk menghindari tersedak. Namun kenyataannya, tertelan permen karet sebenarnya tidak berbahaya, karena akan segera dikeluarkan tubuh melalui feses    


Ketika dalam Keadaan ini, Segeralah Bawa ke Rumah Sakit :
- Ketika berwajah pucat, susah bernafas
- Ketika ada kemungkinan akan melukai kerongkongan - Ketika dengan jelas keadaannya terlihat berbeda dari biasanya
Catatan:
Apabila anda mengalami kesulitan di dalam memberikan pertolongan pertama, segeralah bawa anak anda ke rumah sakit.
Semoga bermanfaat..


Artikel Terkait:

144 komentar:

  1. anak saya tertelan spons mandi, bahaya ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spon mandi berbahan karet insyaallah tidak beracun di dalam tubuh dan akan keluar sendiri saat bab..

      Hapus
    2. anaknya yang ditelan spons atau sponsnya ditelan anaknya XD

      Hapus
  2. Anak saya usia 10 bulan menelan tinta cartridge. Karena cartridge tsb sudah lama sekali skitar 3 thn tidak terpakai, sy Kira sudah kering tintanya. Tetapi sy cek hanya terjilat sedikit tintanya oleh anak sy, bahaya kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika hanya terjilat di lidah bs dibersihkan dgn kain basah, tp jika khawatir sudah ada yg tertelan sedikit dan segera diberikan minum air putih yg banyak utk mengencerkan kandungan tintanya. Sebenarnya utk tertelan setaraf bayi masih aman tapi tetap waspada jika muncul gejala sakit seperti muntah dan sesak nafas segera dibawa ke rs ya.

      Hapus
  3. Saya tidak sengaja menelan kuku kecil,saat itu saya sedang meng-gigiti kuku tersebut.
    Apakah kuku kecil yang tertelan itu berbaya
    Trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaallah tidak mengapa selama tidak ada keluhan

      Hapus
  4. Anak saya usia 9 bulan tidak sengaja menelan pembersih tangan (ant#s) bahaya nggak ya,..tapi udah saya bawa ke dokter,katanya gpp

    BalasHapus
    Balasan
    1. cairan pembersih tangan antiseptik mengandung sedikit moisturizer dan alkohol yang tinggi. jika tertelan setaraf bayi insyaallah tidak mengapa, untuk pertolongan pertama sama dgn penanganan minuman berakohol dgn memberi minum air putih atau susu. Biasanya efek dari alkohol yg terminum itu segera terlihat misal muntah, pusing bahkan pingsan..

      Hapus
  5. Anak saya umur 1 tahun tidak sengaja mulutnya dan lidahnyaterkena pipi kaka saya yang memakai krim mengandung pmutih sya minumi air putih tidak doyan. Kalau susu murni apa ya perlu dberikan krna dy senduri susa minum kecuali asi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika hanya terjilat setararaf bayi insyaallah tidak mengapa, apalagi krim pemutih yg sudah di oles dimuka sudah meresap ke pori2 kulit. Saat terjilat cukup diberi air putih/ susu, asi juga boleh utk mengencerkan kandungan krimnya.

      Hapus
    2. Bayi sy 11 bulan makan cream pmutih sy ksih susu trs gpp ya

      Hapus
    3. Bgaiman kl smpet dmakan cream it sy sdh kash susu bnyk smg gpp

      Hapus
  6. jika menelan sebutir mainan water beads yg bisa mengembang sampai berkali2 lipat apakah berbahaya bagi anak saya yg berumur 2 th?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak skrg bagimana keadaan anaknya setelah kejadian tertelan waterbeads???

      Hapus
    2. Bagaimana keadaan anak ibuk sekarang bu?
      Bisakah waterbeads keluar melalui bab ny?

      Hapus
  7. Water beads berbahan dasar karet, jika tertelan sebutir ke dalam tubuh insyaallah akan dikeluarkan lewat BAB. Yang perlu dikhawatirkan adalah gejala tersedak beberapa saat setelah tertelan karena akan berbahaya jika tersedak dan masuk ke paru2. Jika tidak ada keluhan samoai beberapa hari insyaallah sudah keluar lewat BAB

    BalasHapus
  8. Anak saya umur 8 bulan memasukan sabun mandi batangan ke dlm mulutnya,dy baru nonggol gigi bawah 2.itu gmn ya apakah berbahaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk sabun mandi batangan Apabila telah tertelan hanya oleh setaraf bayi, insyaallah tidak akan menimbulkan gejala yang berat. Berilah anak minum air susu murni atau putih telur lalu perhatikanlah keadaannya. Dalam hal yang terminum jumlahnya banyak, setelah membantu anak memuntahkannya bawalah segera ke rumah sakit.

      Hapus
  9. anak saya baru16 bulan..tak sengaja mengunyah kapur barus dikira permen lalu dimuntahkan dari mulutnya tapi saya takut ada ug tertelan bahaya tdk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapur barus termakan oleh anak anda, maka berilah minum air putih. Janganlah sekali-kali memberinya minum air susu murni. Jika dirasa ada yg sudah tertelan sebaik nya dibawa ke RS. Perhatikan gejala keracunan yg timbul setelah itu.

      Hapus
  10. Anak saya termakan abu racun nyamuk sedikit bagaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Obat Nyamuk Berbentuk mat/batang dan sudah menjadi abu, jika telah tertelan hanya oleh setaraf bayi,hampir tidak akan menimbulkan keracunan. Bersihkanlah mulutnya dan perhatikanlah keadaannya. Setelah itu berikan minum air putih yang banyak.

      Hapus
  11. Anak saya tertelan mainan playdoh milik kakaknya, apakah berbahaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Playdooh berbahan dasar lilin coba lihat komposisi playdooh jika tidak ada kandungan bahan beracun insyaallah aman dan akan keluar bersama feses pada saat BAB, perhatikan dalam satu dua hari jika ada tanda2 keracunan segera diperiksakan..

      Hapus
  12. Anak saya usia 1 tahun tertelan sim card ukuran nano, itu bgmana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simcard nano ada kandungan logam yang harus dikeluarkan dari tubuh, ditakutkan jika kartu itu menyangkut di saluran pencernaan yang dapat menyebabkan infeksi, segera periksakan ke RS utk di foto Rontgen dan di periksa lebih lanjut.

      Hapus
    2. anak sy juga.. sdh di rontgen di rsud.. kata dokter semoga bisa kluar pas bab... amin

      Hapus
    3. bun ,simcard nya bs kekuar lewat bab gak bun

      Hapus
  13. Anak sy makan kapur ajaib, tp sedikit, bahayakah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapur ajaib/kapur semut mengandung racun kimia insektisida... Perhatikan gejala keracunan setelah termakan kapur ini seperti mual, muntah dan sesak nafas, jika ada gejala tersebut segera di bawa ke rs

      Hapus
    2. Mba anak saya usia 9 bulan makan kapur ajaib tadi sudah saya kasih susu dan madu. Bahaya kah ma?

      Hapus
  14. Anak saya usia 6m 26d,tak sengaja tertelan bedak bayi tapi saya sudah bersihkan pakai kain basah tetapi sepertinya ada sebagian yg tertelan, bagaimana ya?

    BalasHapus
  15. Anak saya usia 6m 26d,tak sengaja tertelan bedak bayi tapi saya sudah bersihkan pakai kain basah tetapi sepertinya ada sebagian yg tertelan, bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bedak bayi jika tertelan setaraf bayi insyaallah aman dan tidak menimbulkan masalah berarti, beri susu yg banyak dan insyaallah kandungan bedak akan keluar bersamaan dgn bab. Yang perlu diwaspadai bahaya tersedak sesaat saat termakan bedak karena jika tersedak bedak bisa masuk ke paru-paru dan perlu pertolongan medis.

      Hapus
  16. Mbak jelita maharani..mau tanya,,anak saya kemungkinan menelan water beads yg sudah direndam didlm air..yg saya takutkan kalo water beads tsb masih bisa mengembang lg..kira2 tindakan apa yg harus segera sy lakukan..trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Water beads berbahan dasar karet, jika tertelan sebutir ke dalam tubuh insyaallah akan dikeluarkan lewat BAB. Yang perlu dikhawatirkan adalah gejala tersedak beberapa saat setelah tertelan karena akan berbahaya jika tersedak dan masuk ke paru2. Jika tidak ada keluhan sampai beberapa hari insyaallah sudah keluar lewat BAB, jika khawatir mengembang anda bisa bawa ke RS dan konsultasi ke dokter utk foto Rontgen utk melihat apakah water bead masih ada di dalam sal.pencernaan anak anda.

      Hapus
    2. Mbak natasha mahadewi saya mau tanya bagaimana kabar anak mbak setelah tertelan waterbead tersebut, mslahnya anak syg usia 1th 9bulan kemungkinan menelan 1 buah benda itu mhon di balas soalnya saya cemas sekali skrg...

      Hapus
  17. Saya mau tanya anak saya tertelan busa guling sedikit. Apa berbahaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Busa guling atau dacron yg berbahan dasar karet/kapas jika termakan insyaallah akan keluar lewat BAB...

      Hapus
  18. Mba saya mau tanya...
    Anak saya usia 13 bln td dia gigit2 gel trombopop tryata sampe pecah dan gelnya masuk k mulutnya...sy uda coba kluarkan yg d mulutnya tp spertinya ada yg tertelan...
    Cukupkah sy beri asi saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trombopop gel berisi gel dan kandungan heparin sodium utk memecah pembekuan darah, jika tertelan setaraf bayi insya Allah tidak masalah,segera beri minum air putih atau ASI sebanyak2nya, lalu coba di amati gejala keracunan yg timbul setelah tertelan seperti sesak nafas dan muntah2, amati juga apa anaknya rewel atau gelisah? Jika ada gejala diatas segera di bawa periksa ke RS..

      Hapus
  19. Mba saya mau tanya
    Ketika saya tinggalkan anak saya ke toilet tadi dia bermain dengan j*****n baby oil yang masih tertutup,dan sesampai saya keluar dari toilet saya melihat tutup botol baby oil itu sudah terbuka,jadi saya takut jikalau anak sya terminum minyak tersebut,tindakan apa yang harus saya lakukan mba???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baby oil yg tertelan setaraf bayi insyaallah tdk masalah... Beri minum banyak utk mengencerkan kandungan oil nya...

      Hapus
  20. Mba anak saya umur 7tahun tertelan cincin mainan itu gmana yaa bahaya apa tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk cincin mainan apalagi ada bagian yang tajam lebih baik di periksakan saja ke dokter bedah atau RS utk minta di periksa dan foto rontgen. Karena dikhawatir melukai saluran pencernaannya...

      Hapus
  21. Mba anak saya umur 7tahun tertelan cincin mainan itu gmana yaa bahaya apa tidak

    BalasHapus
  22. mba anak saya umur 1th dia sempat menghisap spidol.milik.kakanya. noda yg dilidah sulit dihilangkan. apakah racun itu berbahaya dok. saya takut dia keracunan. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya jika termakan atau terjilat tinta setaraf bayi insyaallah tidak berbahaya... Diobservasi saja setelah menghisap spidol apa ada gejala keracunan seperti muntah2, kejang atau gangguan pencernaan... Jika ada segera di periksakan ke rs.

      Hapus
    2. Sama kaya anak aq barusan, mainan spidol dan ternyata bisa membuka isi dalem spidol terus dimasukin mulut, kayanya terhisap, noda dimulut susah dihilangkan, anak sya usia 14bln.. Berbahaya tdk ya dok??

      Hapus
  23. Anak saya usia 1 tahun menelan kertas bekas dobletip apa berbahaya ....Kbtulan 3hari setelah menelan itu anak saya muntah2 pagi setelah sarapan...Apa itu pengaruh kertas bekas dobletip yah?Soal ny bekas dobletip ada kya smcem plastik ny....Mohon jawaban ny ...terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diobservasi saja satu dua hari.. Jika masih menunjukkan gejala gangguan pencernaan seperti muntah2, kembung segera bawa periksa ke RS

      Hapus
  24. Kalau bayi 5 bulan,menelan tisu sedikit bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah tidak berbahaya jika menelan tisu setaraf bayi... Dan nanti akan keluar lewat BAB

      Hapus
  25. Anak saya tidak sengaja makan obat saraf paman nya, tp hanya termakan sedikit sekali dan sisa nya saya korek dari mulut nya, lalu malam nya dia muntah smpai 4 kali setelah saya beri asi, bagaimana ya penanganan nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera dibawa ke rs saja untuk memastikan keadaannya dan jangan lupa membawa contoh obat yang sudah termakan ya..

      Hapus
  26. anak saya umur 11bln g sengaja makan lem kayu tapi dia langsung muntahin lagi kalo sebagian lemnya ada yg ketelen gimana ya..mohon penjelasannya donk makasi

    BalasHapus
  27. Karena lem kayu mengandung banyak zat kimia yg berbahaya jika dimakan seperti formalin dan methylene chloride. Untuk memastikan apakah ada lem yg tertelan maka diobservasi saja gejala keracunan yg timbul setelah memakannya.. Jika ada gejala keracunan seperti rewel, kembung, muntah2, kejang dan sesak nafas segera di bawa ke rs ya.

    BalasHapus
  28. Pacar saya Tertelan Tutup Pulpen apakah bisa keluar tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera diperiksakan ke Rs ya untuj konsultasi dokter dan foto rongen.. Karena tutup pulpen nya jika ada bagian tajam nya bs merusak sal pencernaan..

      Hapus
  29. saya mau tanya anak saya umur 7.5 blan,1 hari yang lalu anak saya tdk sengaja menjatuhkan tempat bedak taburnya sehingga terkena ke seluruh mukanya jad sebagian ada yg masuk ke mata,teling ,hidung dan mulut,saya takut sekali.mohon penjelasannya,terimakasih

    BalasHapus
  30. Bedak tabur jika tertelan setaraf bayi indyaallah tidak menimbulkan masalah yg berarti, tp jika terhirup ke hidung dalam jumlah yg cukup utk masuk paru2 itu yang berbahaya, cek apa ada sesak dan batuk2 setelah terhirup bedak? Anak rewel? atau masuk ke mata juga bs menimbulkan iritasi.. Cek keadaan matanya apa ada kemerahan? Anak rewel? Jika tidak ada insyallah tidak apa2.

    BalasHapus
  31. Mba jelita anakku umur 9bulan habis mandi saya lupa tidak menutup bedak taburnya terus saya tinggal sebentar pas saya kembali dia sudah kesedak bedak tabur yg ternyata tertelan di mulutnya..langsung aku bersihkan mulutnya pakai air dan ku kasih air putih..dia nangis dan muntah..seperti sesak nafas karena nangis dan teriak-teriak..muntah sampai lendirnya keluar..aq gendong ke halaman..dan dia berhenti nangis..aku kasih air kelapa ijo walaupun cuma dikit..anaknya sudah ceria lagi dan tidur malemnya nyenyak..apa berbahaya ya mba?

    BalasHapus
  32. Dicek ya bunda.. selama beberapa hari setelah kejadian apakah ada sesak nafas atau anaknya rewel yang tidak seperti biasanya, karena jika ada bedak yg masuk kesaluran pernafasan maka bisa menimbulkan infeksi pada paru2 dgn gejala sesak nafas atau kesulitan bernafas atau demam. Jika anaknya ceria dan tidak ada sesak atau rewel insyaaallah tidak masalah bun.

    BalasHapus
  33. Ank saya 1,5 bulan. Saat mandi tidak sngaja tertelan sabun mandi cair bayi. Refleks dia nangis dan ingin memuntahkan. Saya kasih asi sampai dia mau dan akhirnya bab. Sekarang dia sudah tidur. Apakah berbahaya untuk kedepannya? tindakan apa yg harus saya lakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabun cair bayi itu sendiri terbuat dari bahan-bahan yang mengandung racun rendah. Apabila tertelan hanya oleh setaraf bayi, jarang menimbulkan gejala keracunan. Tindakan pertolongan pertama dengan memberikan susu ASI itu sudah sesuai. Perhatikan gejala keracunan yang timbul dalam beberapa hari, apakah ada sering muntah/diare? Sesak nafas atau biru? Jika ada keluhan tsb segera di bawa ke rs ya..

      Hapus
  34. anak saya 1 tahun, todak sengaja menelan stiker tempel bahannya terbuat dari plastik bentuknya pipih lemas, apakah kiranya berbahaya? dan apa yang harus kami lakukan? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stiker berbahan dasar plastik insyaallahbaman jika tertelan dan akan keluar lewat BaB. Jikq ada bagian stiker yg tajam, amati reaksi anak setelah tertelan, apakan anak kesakitan dan rewel dalam bbrpa hari? Jika ada keluahan segeran dibawa ke rs ya

      Hapus
    2. Anak saya barusan jg menelan stiker tempelan tpi kecil ap brbahaya

      Hapus
  35. Anak sy 3 thn mengunyah & menelan gabus styrofoam. Sebaiknya bagaimana ya? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kira2 apakah banyak strerofoam yg ditelan? Pada dasarnya jika yg termakan jumlahnya sedikit insyaallah tidak masalah , berikan minum banyak saja di amati beberapa hari apakah anak rewel? Atau mengalami gangguan pencernaan? Jika ada keluhan tersebut segera diperiksakan ke RS yaa

      Hapus
    2. Cuma sedikit sih. Masih nunggu anak BAB. Krn blm BAB. So far tdk rewel. Smg tdk apa2. Terima kasih mbak ya.

      Hapus
  36. Mba, anak saya tidak sengaja menelan minyak tanah sedikit..apa yg hrs saya lakukan utk pertolongan pertama?

    BalasHapus
  37. Mba, anak saya tidak sengaja menelan minyak tanah sedikit..apa yg hrs saya lakukan utk pertolongan pertama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera mungkin bawa ke rs tanpa menyuruh anak memuntahkannya

      Hapus
  38. Anak saya umur 11 bulan tidak sengaja tertelan caladine lotion untuk anak apakah berbahaya?? apa pertolongan pertama nya ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diberi minum asi/susu formula seperti biasa yaa.. lihat apa ada reaksi keracunan yg timbul seperti muntah dan diare.. jika ada gejala keracunan segera dibawa ke rs

      Hapus
  39. mba pada saat anak saya yg berusia baru mau 10 bulan memainkan krim ruam popok (sudoc**m) dan ternyata dia bisa membuka tutupnya (yg ketika itu saya sedang fokus mengganti diapernya) hingga saya kecolongan krimnya sudah kemana2 dibagian mulutnya dan ada yg masuk ke dalam mulutnya.. apakah saya perlu ke dokter? Aman ga ya? Takutnya keracunan ato gimana.. pada saat itu langsung saya bersihkan, beri minum dan beri asi yg banyak.. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertolongan pertamanya sudah benar dgn tetap memberi minum asi sebanyak banyaknnya, diobservasi saja sampai bbrapa hari jika ada gejala keracunan seperti muntah2 dan diare segera bw ke rs

      Hapus
  40. Mba, anak sya 10bln lebih menelan buntelan benang halus. Panjang tp halus dan berbuntel kecil. Sya sempat priksa mulutnya pke tangan sya tp g kburu k congkel krn saat it anak sya berontak stelah sya congkel lg d mulutnya sdh tdk ada, sdh tertelan. Gmn yh?terimakasih sblmny 😞

    BalasHapus
  41. Anak saya berusia 6 bulan,tidak sengaja ketumpah sdkt sampo ke mulut dan hidungnya saat mandi,,mukanya merah tiba2 lalu menangis trus 1jam sprti mau muntah tp ga kluar jg,sy panik trus dgn berbagai cara sy lakukan agar mntah tp ttp ga mntah,stlh brnti menangis sy kasih minum susu banyak,lalu diam n sakit trlihat baikan

    Apakah itu berbahaya klo tidak dikeluarkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salama tidak ada gejala keracunan insyaallah tidak ada masalah bun, yg dikhawatirkan adalah sesaat setelah terhirup shampo bisa terjadi aspirasi ( tersedak)..

      Hapus
  42. Anak saya umur 1,8 tahun, khawatir tertelan water beads 1 butir... Setelah periksa di dokter hanya minta di observasi 2x24 jam... Anak saya tidak memperlihatkan gejala apapun... Sy cemas dan minta untuk rontgen tp dokter tidak mengizinkan karna water beads tidak akan terlihat di rontgen apakah benar? Sy hanya ingin tahu apakah water beads iti tertelan atau tidak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang hanya bs diobservasi saja, water beat berbahan dasar karet insyaallah akan keluar saat BAB..

      Hapus
    2. Mba mohon sharing dong tidakan lanjut setelah observasi dan bagaimana kondisi anak nya ? Tidakan lanjut apa lg yng diambil ? Adakah efek samping nya ?

      Hapus
  43. Mau tanya anak saya umur 4 tahun sedotin isi tinta pulpen pertolongan pertama gimana dan bahaya buat kesehatannya tidak....makask

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di observasi saja apa ada gejala keracunan sesaat setelah tertelan.. beri susu yg banyak untuk mengencerkan konsentrat tintanya.. selama anak dalam keadaan baik tidak ada yg perlu di khawatirkan

      Hapus
  44. mbak anak saya umur 10 bln waktu mainan tidak sengaja membuka cream salep kulit punya saya dan waktu saya liat creamnya udah banyak di mulutnya dan di tangannya, tapi sudah langsung saya korek yg didalam mulutnya, stelah itu saya kasih air putih dan asi, saya takut kalo sebagian creamnya sudah tertelan di mulutnya, apa berbahaya mbak?

    BalasHapus
  45. Coba dibaca di etiket salep nya apa kandungan nya? Browsing efek dari kandungan obat itu apa terjadi pada anak nya? Tindakan pertolongan pertama sudah benar dgn memberi minum banyak untuk mengencerkan konsentrat dari krimnya. Selama anaknya baik2 saja tidak ada gejala keracunan, insyaallah tdk mengapa.

    BalasHapus
  46. Anak saya umur 2 tahun menelan pasir dan air laut saat terjatuh . Apakah berbahaya ya.
    Tetapi smpai malam tidak ada efek apapun. Anaknya ceria dan baik2 saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasir bisa saja mengandung kuman bakteri, diobservasi saja jika anak demam, muntah dan diare segera dikonsultasikan ke dokter atau ke rs ya

      Hapus
  47. Salam bayi saya 10 bulan terminum ujala@nila baju .. apa harus saya lakukan.. saya sudah coba bantu bayi saya utk muntah.. ada 2_3kali bayi muntah.. dlm muntah tu bbintik2 jk warna biru...apa harus sa lakukan skarang.. saya ssh hati sanagat.. takut ada apa2.. tp bby aktif mcm biasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya jika terminum setaraf bayi insyalalah kemungkinan yg terminum hanya sedikit saja. Diberi minum susu yg banyak ya untuk mengencerkan kandungan pewarnanya.. di observasi satu dua hari apakah ada gejala2 keracunan seperti lemas, mual, muntah, diare dan sesak nafas.. jika ada gejala tersebut segera dibawa ke rs..

      Hapus
  48. Anak saya makan salep.. bagaimana cara mengatasinya ya.. merk salep SRITI CREAM ANTISEPTIC FU QING SONG RU GOA.. Terimakasih sebelumnya.. saya sangat khawatir ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komposisinya : Benzhetonium Chlorida 0.2 %

      Hapus
    2. Pertolongan pertama Beri minum banyak dan diobservasi satu dua hari apa ada gejala keracunan.. jika ada gejala keracunan seperti muntah, demam atau kesadaran menurun segera dibawa ke rs ya.. jika anda khawatir bisa diperiksakan ke rs/klinik dengan membawa contoh obat yg termakan.

      Hapus
  49. Mba anak saya 10 bulan.
    Tergigit kapur barus.
    Hanya gigit mba. Ada bekas giginya dikapur barus.
    Berrrti serpihan yg digigit apa ada teretelan?
    Saya lgsung bersihkan mulutnya pakai air.
    Dan kasih minum susu.
    Sudh 15menitan ga ada kendala apa2.
    Dan bahkan skrg lagi tidur siang.
    Itu gpp kan mba??

    BalasHapus
  50. Insyaallah tidak mengapa jika hanya sebagian kecil saja.. selama tidak muncul gejala keracunan seperti muntah2, diare insyaallah aman^^

    BalasHapus
  51. Mba.. Anak saya ga sengaja makan balon
    😢 berbahaya ga ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas karena baru buka blog 🙏🏻.
      Selama tidak tersedak atau menunujukan gejala keracunan insyaallah tidak mengapa dan akan keluar lewat BAB. Tp jika karet balonnya besar alangkah baiknya diperiksakan ke fasilitas kesehatan terdekat untuk konsultasi dokter dan foto rontgen, karena ditakutkan mempengaruhi saluran pencernaannya.

      Hapus
    2. Ciri ciri pencernaannya terganggu,gimana ya MB? Anak saya juga tidak sengajak menelan balon hampir 2 bulan lalu tapi tidak ada gejala apa apa anaknya masih aktif.mau di Rontgen ada yang bilang percuma aja Karna gak akan keliatan

      Hapus
  52. Bapak saya menelan gelinga sel pengawet makan kurang lebih 6 butir dan udah lewat 1 minggu br bp saya mual2.itu cara mengatasinya gimana.mks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf telat balas🙏🏻🙏🏻.
      Silica gel akan bersamaan dengan BAB.. jika lewat satu minggu setelah memakan silica baru mual2 itu penyebabnya bukan dari silica gel nya.. coba cari penyebab lain jika keluahan berlanjut periksakan ke dokter ya.. semoga bapak anda sehat selalu.

      Hapus
  53. Anak sy umur 1thn sprti nya memakan kertas HVS sdkt,, dkrtas itu ada gambar yg diwarnai Kk nya pake spidol wrna biru. Pas sy liat lidah anak sy biru & kertasnya bolong trmakan sdkit. Sy sgt panik lalu langsung sy bersihkan lidahnya pake air putih & kain kasa. alhamdulilah mulai pudar wrn biru di lidahnya,, lalu bgmn apabila tinta spidol & krtasnya trmakan anak sy?? Bahayakah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertolongan pertama sudah benar, selama tidak ada tanda2 keracunan insyaallah masih aman..

      Hapus
  54. Mbak anak saya umur 8 bulan gk tanpa saya sengajai makan kertas undangan kira2 berbahaya gk y soalnya takut kandungan kimia nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama setelah memakan kertas tidak ada tanda2 tersedak tidak berbahaya bun, tetap waspada ya anak usia segitu masih fase oral semua yang dijangkau dan dipegang dimasukkan ke mulutnya.

      Hapus
  55. Mba jelita, mai tanya..anak saya berumur 10 bulan dia tdk sengaja memakan semut api hitam...berbahaya ga yah mba ketika semut itu masuk kedalam tubuh. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah tidak berbahaya dengan satu semut saja, karena saat masuk asam lambung sudah di netralisir oleh asam lambung dan kandungan racun satu semut api sangat sedikit.. selama tidak ada keluhan insyaallah tidak masalah ya

      Hapus
    2. Mbak, anak saya 1tahun menelan kertas karton duplex (yang 1 sisi mengkilat dan sisi lain warna abu2) . Dia sobek2 jadi terpisah bagian mengkilat dan abu2nya. Nah, yang bagian abu2 ini tertelan oleh anak saya (besarnya sekitar 1cm). Saat menelan dia seperti mau muntah, tapi kertasnya tidak keluar. Berbahaya tidak ya?

      Hapus
    3. Insyaallah tidak berbahaya jika tidak ada kandungan logam, di observasi saja yaa.. selama tidak ada sesak nafas dan demam insyaallah aman..

      Hapus
  56. Mba..mau tanya
    Anak saya usia 2,5th semalam pukul 20.00 tertelan petasan kecil seujung jari kelingking ibu, pukul 21.30 saya baru meminumkan susu bear brand 1/2kaleng,tidak ada reaksi sampai pukul 2.30 badan anak saya tetiba panas dan suaranya terdengar berdahak,dia minta minum air putih tidak ada reaksi,setelah saya coba beri minum perasan kunyit (obat panas tradisional menurut Ibu saya), dia muntah dan keluar dahak banyak bersamaan dengan muntahnya, 10 menit setelahnya panasnya turun, apakah anak saya masih dalam pengaruh bahaya bahan petasan yg tertelan atau bagaimana ya mbak
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak..saya search mengenai kandungan dalam petasan yg ditelan anak saya adalah mesiu korek api batang yg mengandung Fosfor
      Apakah penanganan saya salah?
      Saat ini pukul 7.15 anak saya sudah tidak demam
      Apakah masih perlu observasi lanjutan? Brapa jam?

      Hapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  58. Mba.. Mau tanya ya
    Kponakan sya umr 3 bulan td jam10an pagi gak sengaja tertelan anting, pas tertelan posisi dia tiduran dan tersedak di sebelahnya ada bundanya nonton tv, tau anaknya tersedak bundanya lalu menggendong, dikira tersedak biasa, setelah lama ternyata salahsatu anting hilang udah d cari2 tp tetap ga ada, dan baru sadar td anaknya tersedak2. Trs gimana ini mba? Anaknya sih biasa aja, masih bisa ketawa2, tp batuk2 jg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba gimana keadaan anak nya saat itu sudah ke dokter di rontgen saat itu ? Sharing ya mba

      Hapus
    2. subhanallah maaf baru buka blog, seperti yang sudah saya jelaskan diatas jika tertelan benda asing yang tajam segera di bawa ke rs utk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan foto rongen utk mengetahui posisi anting di dalam tubuh

      Hapus
  59. Mba mau tanya anak saya usia 11 bulan menelan kaki boneka mainan karet ,tp smpe skrng tdk ad efek ap2 dia sma sprti biasa.
    Kira2 bgaimn mba??bhya tdk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika ukurannya kecil insyaallah akan keluar dengan BAB, jika ukurannya besar ditakutkan menyumbat sal cerna, segera bawa ke rs utk pemeriksaan lebih lanjut yaa

      Hapus
  60. Mbak anak saya usianya 17 bulan. MENELAN vit rambut merk elips. Berbahaya gk ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. diobservasi apakah ada tanda2 keracunan dalam beberapa jam sampai 1-2 hari jika tidak ada tanda keracunan insyaallah tidak mengapa

      Hapus
    2. mbaa stelah menelan vit elips gmn apa gpp . soalny ank sya juga mnelan vit elips

      Hapus
  61. Mbak anak saya usia 2 tahun 2 bulan, tidak sengaja meminum air yang dituang ke gelas sisa saya masukin alkohol untuk sterilisasi.ibu sy tdk tahu kalo itu bekas alkohol Krn keadaan gelas kering.saat minum kata ibu saya dy langsung muntahin,entah itu tertelan atau bagaimana mbak sy ndak tau.kalo emang tertelan apakah bahaya bwt perutnya?mhon dijwb makasi mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gelas bekas alkohol yg sudah kering insyaaallah tidak berbahaya

      Hapus
  62. Mbk anak saya umur 1 tahun dia gigit2 botol livanol cairan pembersih bwt luka sampai cairan masuk kemulutnya saya panik dan langsung sy suruh minum air putih tp anak sy ngk muntah mbk apakah cairan yg udah tertelan berbahaya bwt tbhnya mbk mhn di jwb ya mbk , mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama tidak ada tanda2 keracunan insyaallah tidak mengapa

      Hapus
  63. Anak saya tidak senghaja menelan diaper rash cream (Cusxxns Baby)hanya sedikit. Apakah brrbahaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaallah tidak berbahaya jika termakan setaraf bayi

      Hapus
  64. Mbak anak saya umur satu tahun saya curiga anak saya menelan koin 100 rupiah krena dy main dg adik dan adik sya blang koinnya hlang 1 awalnya baik"saja anak sya tpi stlah 1 hri dy mulai btuk"dan muntah apa berbahaya trus saya hrus bagaimana,trimkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika dikhawatirkan tertelan segera periksa ke UGD ya untuk foto rotgen utk melihat apakah ada koin di saluran pencernaannya

      Hapus
  65. Saya sudah ke dokter anak mmng klu ingin tau dsruh rontgen tpi sjauh yg dkter liat ktanya klu gak ada gjala bayi rewel gpp klu ud msuk ke pncernaan nnti kluar sndiri lwat bab asal gak sesak ato nyangkut di tnggorokan gmn dunk sya jdi bngung

    BalasHapus
  66. Mbak anak saya umur 10 bulan menelan lipstik cair/lip lons apakah berbahaya?

    BalasHapus
  67. dokter, ada kemungkinan anak saya menelan water beads. ini masih kemungkinan dok karena tiba2 papahnya melihat anak memasukkan sesuatu kemulutnya dan anakku sedang bermain water beads. langkah pertamanya yg harus saya lakukan apa mba? saya merasa gagal menjadi seorang ibu mba

    BalasHapus
  68. Anak saya berumur 3 bulan... Tidak sengaja waktu memandikan tertelan sabun mandi cair.. Apakah berbahaya apa tidk yaa... Udh muntah juga...

    BalasHapus
  69. Dok .. ank saya ber umur 15bulan tdk sengaja menelan ujung pencetan pensil mekanik.. bahaya kah .. atau menunggu hingga beberapa hari ya dok ?? Mohon di jawab .. terima kasih.

    BalasHapus
  70. Keponakan saya menelan tinta printer.. apa yg harus dilakukan? Apa tidak terlalu berbahaya ?

    BalasHapus
  71. Anak saya menelan toner pemutih muka milik saya . Apa yg harus saya lakukan. Setelah itu sudah saya kasih ASI tapi dia nangis terus

    BalasHapus
  72. Anak saya menelan cream wajah punya ibunya.. Apakah berbahaya

    BalasHapus
  73. Dokter anak sy 9 bln menelan handbody pemutih,,,sepertinya banyak yg tertelan mohon bantuannya,,,

    BalasHapus
  74. Anak saya gk sengaaja makan kapur barus ,stelah itu masih aktif seprti biasa ,gm lama sya kasih susu beruang itu bahaya gk ya ,anak saya umur 3thn 3bln.🙏

    BalasHapus
  75. Anak tetangga saya umur 1 THN tidak sengaja menelan tinta printer . Bagaimana cara mengatasinya ?? Dan sudah dikasih air minum ,sekitar 10 menit dilihat TDK ada reaksi apa2. Dan dimulutnya masih berwarna . Bagaimana cara menanganinya dan apakah sangat berbahaya ??

    BalasHapus