Laman

Kamis, 24 Desember 2015

Tips agar baterai iphone lebih awet


Bismillah..
Gambar diatas ini adalah iphone yang baterainya melembung dan akibatnya menekan keluar LCD jadi terangkat. Kalau sudah begini wajib segera dibawa ke service hp agar segera diganti baterai. Jika dibiarkan bisa fatal akibatnya LCD blank, logic board kemasukan debu/ air dan malah mengeluarkan dana lebih banyak.

Penyebab baterai melembung itu karena salah metode saat mengisi baterai ( charging). 
Berikut adalah beberapa trik charging agar baterai awet dan proses charging berjalan lancar :

1. Charger dan kabel data

Pastikan memakai charger dan kabel data yg bisa menghantarkan power dengn baik ke iphone anda. So.. Jangan sampe ngasal pake charger dan kabel data ya. Ada beberapa kasus adaptor dan kabel data hangus bahkan merusak iphone karena memakai kabel data dan adaptor abal2. Usahakan memakai charger dan kabel data original apple. Memang sih harganya lebih mahal tapi insyaallah lebih aman buat iphone anda. Jika tidak memungkinkan memakai yang original, belilah yang KW dengan kualitas baik. Setau saya kabel data dengan harga diatas 50rb lebih baik kualitasnya daripada yg harganya dibawah itu. Saya juga pake kabel data yg KW kok tapi yang berkualitas, karena yg original sudah lama rusak. Tapi usahakan adaptornya tetap original ya. 


2. turn on airplane mode 


Saat charging usahakan iphone dalam air plane mode. Kenapa? Ini di maksud agar tidak ada arus power yg digunakan untuk kegiatan seperti sinyal, wifi, bluetooth atau kegiatan lainnya. Keuntungan pake airplane mode saat charging ini bisa ngecas iphone kamu lebih cepat daripada posisi standby sinyal aktif lho..


3. Diamkan iphone anda saat charging

Usahakan saat charging jangan dibuat mainan iphonenya, yaudah di diemin aja gk usah di buat chatting, gaming atau kegiatan lainnya. Hal ini menyebabkan overworking dan baterai iphone menjadi panas sehingga mempercepat kerusakannya.


3. overcharging 

waktu pengisian baterai iphone kurang lebih 2 - 2,5 jam, jadi ada baiknya pasang timer untuk proses chargingnya jd jangan sampe overcharging, apalagi yg suka ngecas sambil d tinggal tidur tuh.. bahaya banget.. 


4. power bank


Jangan terlalu sering memakai power bank untuk charging ya, keseringan bisa soak baterai nya. Jika dalam keadaan darurat atau terpaksa boleh sih pake power bank tapi cari yg kualitas bagus.

Warning: banyak powerbank abal2 dipasaran, kebanyakan mencatut nama ponsel terkenal seperti samsung, jelas palsu tuh bukan keluaran samsung. Apalagi harganya hanya puluhan ribu saja. Power bank asli dengan kualitas baik harganya diatas 200rbuan ya. Misalnya merk orenz, hippo, oneplus, xiaomi, vivian dll.


Sekian tips merawat iphone dari saya, semoga bermanfaat^^



Artikel Terkait:

1 komentar: