Laman

Rabu, 06 Juni 2012

10 pohon tertua di dunia

Pohon adalah salah satu makhluk hidup tertua di bumi. Ada beberapa pohon yang usianya lebih dari satu milenium dan mungkin ada daftar panjang dari pohon tertua yang bahkan belum ditemukan. Pohon tidak tumbuh seperti manusia, ribuan tahun bagian pohon yang lama tumbuh dengan kecepatan yang sama dengan pohon yang baru. Salah satu alasan mengapa pohon berusia panjang adalah sistem transportasi dalam tubuh mereka yang membantu melawan kerusakan dan serangan bakteri.

Di bawah ini adalah daftar 10 pohon tertua di dunia ( Semakin tua pohon maka semakin cantik lho... ) :


1. Pohon  Methuselah
 Ditemukan disebuah cekungan di daerah Metusalah Nevada yang diperkirakan berumur 4800 tahun.. Pohon itu sebenarnya menjulang setinggi lebih dari 30 meter , tetapi oleh pihak setempat ditebang hingga tinggal 1/4 bagian pohon saja yang tersisa. Hal ini di karena beberapa masalah seperti keresahan warga setempat yang mengkhawatirkan pohon tua itu roboh dan mencederai warga sekitar.

2. Pohon  Sarv-e-Abarkooh
 Sebenarnya pohon Sarv-e-Abarkooh adalah pohon cemara yang berusia 4.000 tahun yang terletak di Iran. Juga dikenal sebagai Zoroaster Sarv





3. Pohon Llangernyw Yew
Pohon Yew adalah pohon yang biasanya terdapat di area pemakaman di daerah Inggris. Dan Pohon Llangernyw Yew  adalah salah satu pohon yew paling kuno Yew yang terletak di Wales.



4. Pohon Alerce
Pohon Alerce adalah jenis pohon yang sudah ada di dunia kurang lebih  35 juta tahun yang lalu. Dan yang ini adalah salah satu pohon Alerce tertua yang berumur sekitar 3600 tahun. Kayu dari jenis pohon ini sangat berharga bagi masyarakat lokal karena digunakan sebagai sirap atap  rumah mereka.

5.  Pohon The Senator
Merupakan salah satu jenis pohon   Cypress Gundul yang dijuluki sebagai ' The Senator' . Pohon ini diyakini berusia antara 3.400 sampai 3.500 tahun. Dan setelah diukur oleh masyarakat setempat, pohon ini mempunyai tinggi 5.100 kaki kubik dan terpanjang dari jenisnya.

6. Pohon Patriarch
Juga dikenal sebagai pohon 'Patriarca de Floresta' dari Brasil. Salah satu pohon terbesar di Hutan Atlantik. Hal ini dikatakan usianya hampir 3000 tahun.

7. Pohon Alyshun
 Dikenal sebagai 'Pohon Suci Alishan' di Taiwan. Hal ini dikarenakan pohon ini sangat sakral bagi umat Buddha yang hidup di Taiwan dan diyakini berusia sekitar 3000 tahun dengan ketinggian 55-60 meter.

8. Old Chestnut
 Dikenal dengan nama ‘Tree of 100 Horses' dan merupakan pohon Chestnut tertua di dunia berlokasi di San D'Alfio, Linguaglossa jalan di Sisilia, Diperkirakan berusia  2000 - 4000 tahun.

9. General Sherman

Dikenal sebagai pohon terbesar di dunia dengan tinggi 275 kaki dan berdiameter 102 kaki. Pohon ini dapat ditemukan di taman nasional sequoia. Diperkirakan berusia 2300 - 2700 tahun.

10. Pohon Jhomonsugi


Terletak di Yakushima, Jepang, merupakan pohon tertua di dunia dengan 16 lilit batang dan batang yang berbau busuk.

Source : http://listphobia.com/-oldest-trees-in-the-world/


















Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar