Laman

Senin, 02 Juli 2012

10 Ledakan Terbesar Yang Pernah Diketahui Manusia

Ledakan dahsyat, baik buatan manusia atau karena kejadian alam di masa lalu sering menyisakan kengerian dan teror selama berabad-abad. Dan bahkan atas izin Allah ada yang menyebabkan kepunahan di bagian muka bumi ini. Di sini saya mencoba mendata beberapa ledakan terkuat yang di dunia yang pernah terlihat.

1. The K-T Extinction Impact Event ( Tumbukan asteroid yang menyebabkan kepunahan zaman Es)
Sekitar 65 juta tahun yang lalu, sebuah asteroid menghantam bumi dan di duga menyebabkan kepunahan setengah dari jumlah spesies di muka bumi ini, paling terkenal karena menyebabkan kepunahan dinosaurus. Banyak ilmuwan percaya bahwa ini disebabkan oleh tumbukan asteroid yang menciptakan kawah Chicxulub seluas 110 mil yang terletak di lepas pantai Semenanjung Yucatan. Diperkirakan tumbukan ini juga menyebabkan perubahan iklim, dan perubahan iklim inilah yang diyakini yang akhirnya membunuh dinosaurus.

2. Letusan gunung Tambora

Pada tahun 1815, Gunung Tambora di Indonesia meledak dengan kekuatan sekitar 1.000 megaton TNT, dan merupakan letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah. Ledakan melemparkan sekitar 140 miliar ton magma dan setidaknya menewaskan lebih dari 71.000 orang di pulau Sumbawa. Letusan terdengar jauh sampai ke Sumatera, yang berjarak 2.600 km. Sebelum letusan, Gunung Tambora memiliki tinggi 4,3 km, tapi setelah letusan hanya tersisa 2,85 km tingginya.
Letusan gunung berapi ini menciptakan kolom abu setinggi 43 km, dan tersebar ke stratosfer dan di seluruh dunia. Abu ini menghalangi sinar Matahari dan menyebabkan tahun 1816 menjadi tahun terdingin kedua yang pernah dicatat dalam sejarah. Tanaman menjadi mati dan kelaparan terjadi di seluruh Eropa dan Amerika Utara. Diperkirakan sekitar 10.000 orang meninggal langsung akibat letusan ini, dan sekitar 70.000 meninggal akibat perubahan iklim yang dihasilkan.
3. Ledakan misterus di Tunguska
 

Pada tahun 1908 terjadi ledakan misterius di dekat Sungai Tunguska yang meratakan sekitar 500.000 hektar hutan Siberia. Para ilmuwan berpendapat bahwa ledakan itu disebabkan oleh dampak kosmik dari sebuah asteroid atau komet mungkin 65 meter dengan diameter dan 185.000 metrik ton pada massa. Ledakan yang dihasilkan diperkirakan sekuat empat megaton TNT atau sekitar 1.000 kali hasil dari bom atom yang menghancurkan Hiroshima, Jepang.

4. Peristiwa  Chernobyl
Pada tahun 1986, sebuah reaktor nuklir meledak di Chernobyl di Ukraina, bagian dari Uni Soviet. Merupakan kecelakaan nuklir terburuk dalam sejarah. Ledakan yang meniup 2.000 ton reaktor, yang mengirimkan 400 kali lebih radioaktif dari kejatuhan bom Hiroshima, serta mencemari lebih dari 77.000 mil persegi di Eropa.

5. Bencana kota texas
Sebuah kebakaran diatas kapal kargo SS Grandcamp yang sedang merapat di Texas City tahun 1947 telah meledakkan 2.300 ton amonium nitrat, suatu senyawa yang digunakan dalam pupuk dan bahan peledak tinggi. Ledakan itu meledakkan dua pesawat dari langit dan memicu reaksi berantai meledakkan kilang minyak serta sebuah kapal kargo terdekat yang juga membawa 1.000 ton amonium nitrat.

6. Ledakan  dipelabuhan Halifax
Pada tahun 1917, sebuah kapal kargo Prancis penuh dengan bahan peledak untuk Perang Dunia I sengaja bertabrakan dengan sebuah kapal Belgia di pelabuhan Halifax, Kanada. Meledak dengan kekuatan lebih dari ledakan buatan manusia sebelumnya, setara dengan sekitar 3 kiloton TNT.

7.  Tsar Bomba

Tsar Bomba adalah sebuah bom hidrogen yang dikembangkan oleh Uni Soviet, dan diuji pada tanggal 30 Oktober 1961. Dengan hasil setara 57 megaton, Tsar Bomba menjadi ledakan buatan manusia yang paling kuat yang pernah ada. Bom tersebut sebenarnya awalnya dimaksudkan untuk berkekuatan sekitar 100 megaton, tetapi dampak dari ledakan sebesar itu akan terlalu bermasalah.
Meskipun Tsar Bomba diledakkan di lokasi yang sangat terpencil di pulau Zemlya Novaya, sebelah utara daratan Rusia, Tsar Bomba masih menyebabkan banyak kerusakan. Sebuah desa yang berjarak 55 km dari lokasi peledakan benar-benar menjadi rata. Kerusakan pada bangunan juga terjadi jauh sampai di Norwegia dan Finlandia. Ledakan itu menciptakan awan jamur setinggi 64 km, dan gelombang kejut yang masih terdeteksi setelah tiga kali mengelilingi bumi.
8. The Trinity Blast
Merupakan bom atom pertama dalam sejarah yang dijuluki "gadget". Bom ini diledakkan di Situs Trinity dekat Alamogordo, NM, pada tahun 1945, meledak dengan kekuatan sekitar 20 kiloton TNT.
9.  Minor Scale (Ledakan Konvensional Terbesar Buatan Manusia)
Minor Scale adalah sebuah tes yang dilakukan oleh Amerika Serikat, pada tanggal 27 Juni 1985. Badan Pertahanan Nuklir Amerika Serikat meledakkan hampir sebanyak 5.000 ton bahan bakar amonium nitrat, untuk mensimulasikan efek dari senjata nuklir. Tujuan utama adalah untuk melihat bagaimana senjata nuklir kecil akan mempengaruhi perangkat keras militer. Dalam foto di atas, F-4 Phantom dapat dilihat di dekat ledakan.
10. FOAB (Father of all Bombs, atau Bapak dari Semua Bom)

FOAB (Father of all Bombs, atau Bapak dari Semua Bom) adalah senjata taktis Rusia, yang dirancang untuk meledak di udara dan memberikan gelombang kejut yang membakar ke daerah sasaran di bawahnya. Bom ini menghasilkan energi yang setara dengan 44 Ton TNT, sehingga membuatnya sekitar sekuat senjata nuklir terkecil yang ada. Namun, FOAB tidak menghasilkan dampak radioaktif seperti yang senjata nuklir lakukan.
FOAB adalah bagian dari "perlombaan senjata miniatur" antara Amerika Serikat dan Rusia. Pada tahun 2003, Amerika Serikat mengembangkan MOAB (Massive Ordinance Air Blast Bomb) yang merupakan sebuah perangkat yang mirip dengan FOAB yang menghasilkan 11 ton TNT. MOAB dengan cepat disebut sebagai "Mother of all Bombs" atau "Ibu dari Semua Bom" sesuai dengan singkatannya. Sebagai respon, Rusia mengembangkan "Father of all Bombs" pada 2007, yang diklaim empat kali lebih kuat dan sedikit lebih ringan dari MOAB. Namun, Militer Amerika Serikat meragukan klaim ini, dan mengatakan bahwa sangat mungkin bahwa film yang dirilis Rusia dari tes itu adalah palsu, dan bahwa beberapa "fakta" tentang bom itu dibesar-besarkan untuk tujuan propaganda.


source:  http://listphobia.com/
 


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar