Laman

Senin, 21 Mei 2012

Tips diet untuk menurunkan berat badan tanpa harus menyiksa diri


Seorang teman mengeluh dengan berat badannya yang overweight padahal sudah diet ketat dengan makan nasi hanya 5 sendok sehari sekali, berenang 2 jam 3x seminggu, dan mengkonsumsi berbagai obat pelangsing.
Dia bahkan sudah pernah ikut program diet di sebuah slimming centre terkenal dan menghabiskan biaya yang sama dengan harga motor matic baru (wow..!!).
Memang sih setelah 3 bulan ikut terapi yg katanya pake mesin penghancur lemak itu BBnya turun 10kg dari BB semula 70kg.
Tetapi.. 6 bulan kemudian BBnya kembali seperti semula.

Jadi apa yang salah nih?
Sebenarnya menurut saya sih pola dietnya yang salah. Karena diet untuk menurunkan berat badan yang benar haruslah aman dengan tidak menyiksa badan dan juga bukan sesuatu yang bersifat instan. Karena diet merupakan gaya hidup sehat bukan gaya hidup sesaat.

Harus juga diingat, diet yang benar adalah mengeliminasi lemak tubuh, bukan berkurangnya massa otot yang disebabkan cara diet yang serba cepat dan instan. Karna setelah saya cermati ternyata temanku ini walau tidak makan nasi tapi masih suka ngemil sepanjang hari, habis berenang 2 jam langsung cemilannya gorengan dan bakso..
Ya wajar saja lah..hehehe..

Berikut saya akan berbagi tips diet yang sehat dan tepat yang sudah saya coba sendiri dan terbukti hasilnya:

PERBAIKI POLA MAKAN
  1. Jangan melewatkan makan utama. makanlah 3x sehari, jangan kurang dari itu. Makan 1 x sehari bukanlah cara diet sehat yang benar.
  2. Gunakan piring yang lebih kecil dari biasanya, piring yang lebih kecil secara tidak langsung akan membantu kita memasukkan sedikit kalori ke tubuh karena seolah telah makan 1 piring penuh padahal piring yang sebenarnya berukuran kecil.
  3. Kunyah makanan secara perlahan lahan,langkah ini cukup efektif untuk membuat lebih cepat kenyang.
  4. Biasakan untuk : Makan pagi dengan hal-hal yang ringan, roti gandum maupun telur dan susu. Makan snack berupa buah-buahan. Makan siang dengan hewan berkaki empat dan sayuran. Makan sore dengan hewan berkaki dua dan sayuran.
  5. Hindari makan malam, usahakan terakhir makan jam 6 sore.
  6. Kurangi penggunaan garam, dan minum Air putih 8 gelas per hari. Ini adalah jumlah minimal.
  7. Konsumsilah produk makanan sehat (kebanyakan direbus) seperti sayuran, roti, sup, salad.
  8. Makanan yang menjadi pantangan adalah:
  • hindari permen atau atau bahan makanan yang mempunyai bahan pemanis buatan! Ini sangat berpengaruh terhadap rencana menguruskan badan dengan cepat pada program diet Anda.
  • hindari makan sesuatu yang bersantan.
  • hindari minum dingin dan manis. Sebaiknya setelah makan minum air putih dan teh saja.
  • jauhi Junk food, mie, snack, risoles, brownies, ice cream, kroket, gorengan itu semua sebagian makanan berlemak yang membuat gendut!!! STOP mengkonsumsinya.

PERBAIKI POLA AKTIFITAS SEHARI-HARI
  1. Olahraga yang teratur. Olahraga adalah kebutuhan wajib yang harus dilakukan. Selain membakar lemak, olahraga juga menyehatkan tubuh lho. Jika tidak sempat ke fitness centre untuk aerobik, anda bisa jogging di sekitar rumah sehari minimal 30 menit pembakaran lemak. Dilakukan di pagi hari sebelum pk 9.00 atau sore hari antara pk. 15.00-17.00
  2. Jangan sering-sering duduk!!! Hal ini dapat membuat tumpukan lemak pada pantat anda.
  3. Jangan terlalu lama di tempat AC. Hal ini membuat anda tak berkeringat dan tidak membakar lemak yang telah anda konsumsi.
  4. Biasakan melakukan pekerjaan rumah sendiri. Menyapu, membersihkan kamar dan mengepel lantai adalah kegiatan yang paling banyak membakar kalori.

Demikian tips diet dari saya. Selamat mencoba.. Goodluck:-)
posted from Bloggeroid


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar